Tuesday, June 02, 2009

komparasi Bajaj pulsar 200 DTS-i


Kelas ini memang semula cuma ada Honda dan Yamaha…!!! Honda menjagokan Honda Tiger Revo, sedangkan Yamaha menjagokan Scorpio (oke.. Kawasaki Ninja agak beda segment nya)…!!!
Jumlah penjualan nya pun nggak begitu banyak sekitar 80 – 90 rebu unit setahun…!!! Dari sisi penjualan Honda memimpin di depan… dan sekitar 2 kali lipat dibandingkan dengan Yamaha…!!! Sekarang ini… ‘pie’ yang akan diperebutkan, nggak hanya oleh 2 ATPM saja… Bajaj pun ikut masuk sebagai ‘new player’ dengan Pulsar DTS-I 200 nya… !!! Gimana plus-minus ke tiga kontestan… mari kita bahas sedikit di blog ini…!!!

Engine

Jika dilihat dari sisi engine, ketiga kontestan tersebut mempunyai spesifikasi sbb :

*Bajaj Pulsar 200 DTS-I, menggunakan engine 198.8cc, dan berpendingin oil cooled. Power yang dihasilkan mencapai 18HP, dan torsi maksimum sebesar 1.75 Nm.
*Honda Tiger, menggunakan engine 196.9cc, dan berpendingin udara. Power yang dihasilkan hanya mencapai 16.7HP, dan torsi maksimum sebesar 1.6kgfm.
*Yamaha Scorpio, menggunakan engine 223cc, dan berpendingin udara juga. Power yang dihasilkan mencapai 19HP, dan torsi maksimum sebesar 1.86 kgfm.

Dari sini jika dilihat power semata memang Yamaha Scorpio …bukan lawan..!!! Tapi jika dilihat power/cc maka Bajaj Pulsar tertinggi dibandingkan kompetitor lainnya yaitu 0.0905 HP/cc, dibandingkan Yamaha Scorpio 0.0852 dan Honda 0.0848 (tipis sebenarnya selisih antara Yamaha dan Honda)…!!! Kalo dilihat dari engine nya Pulsar yang menggunakan oil cooled, yah sudah pasti (by feeling) compression ratio lebih tinggi…!!!

Design

Waah… ini subyektif banget… !!! Yup memang… walau gue coba menganalisa saja… (kalau debatable) yaaah wajar untuk parameter yang satu ini….!!! Namun gue menggunakan mind-set konsumen tentang motor pria, yang pernah saya survey di blog ini…!!!

* Bajaj Pulsar menurut gue design nya cukup menunjukkan kesan sporty. Penggunaan ban yang termasuk Big Momma… lebih besar dibandingkan kompetitornya cukup diperhitungkan…!!! Plus… body yang lumayan keker.. tercermin dari beratnya yang mencapai 145 kg… paling berat dibandingkan Honda, dan Yamaha…!!!
* Honda Tiger Revo, menurut gue design nya termasuk ‘kekar’… !!! Kesannya juga menunjukkan sporty banget.. !!! Secara berat lebih ringan dibandingkan Pulsar yaitu 137 kg, penggunaan ban sayangnya ‘kurang gambot’ …!!!
* Yamaha Scorpio, sayang aza neh motor.. walau larinya paling kuenceng… tapi ‘kurang kekar’… dan itu tercermin dari berat dan ditambah lagi penggunaan ban yang standard…!!!

Dari sini… sebenernya, Pulsar 200 DTS-I menjadi ancaman yang cukup serius bagi Honda dan Yamaha…!!! Belum lagi.. ban yang diberikan tuh… udah ban tubeless… beda dengan kompetitor lainnya…!!!

Klub / Loyal Konsumen

Nah … faktor ini bisalah disetarakan kepada efek ‘first mover’…!!! Dan kalau diliat dari ini, Honda Tiger Revo… full diatas angin…!!! You bisa sebut… banyak sekali club honda tiger…!!! So brand Tiger tuh… semacam memberi jaminan .. atau advantage buat Honda dalam memasarkan Honda Tiger…!!! Yamaha sedikit lebih baik dibandingkan dengan Bajaj Pulsar… walau pelan-pelan Pulsar pun sudah merebut hati para bikerz… !!! Brand Awareness Pulsar… memang masih diupayakan lebih kerazz… yah karena persoalan brand image…!!! So menurut gue… para ATPM kudu baik-baik neh… ama itu klub… !!! kalau klub itu pada get mad… woow…terrible dengan penjualan…!!!

Harga

Walau harga di kelas ini nggak cukup sensitif… namun perlu dicermati kepada konsumen yang akan berpikiran logis…!!! Dan itu sudah terbukti bahwa sebagian konsumen yang berada di luar Jakarta… sudah mulai melihat kepada ‘value’….!!!


Bajaj Pulsar 200 DTS-I sekitar dibanderol seharga 20 juta…!!! Harga sudah termasuk velg racing dan ban tubeless…!!!

Honda Tiger Revo sekitar dibanderol seharga 23 juta, dan sudah termasuk velg racing…!!!

Yamaha Scorpio dibanderol seharga 20.6 juta.. dan ini sudah termasuk velg Racing


Market

Pasar kelas ini sekitar 6500 unit per bulan…!!! Saat ini… rata-rata 4300 unit diambil oleh Honda Tiger, sedangkan Yamaha sekitar 2200 unit sebulan…!!! Nah.. dengan masuknya si Bajaj Pulsar 200 DTS-I yang kemungkinan bisa nyampe 1000 unit per bulan (pake asumsi si Pulsar 180 yang terjual 1000 unit sebulan), maka yang jadi pertanyaan adalah… 'pie' siapa yang bakalan ‘dicuri’ oleh Pulsar… ??? Atau nggak ada yang tercuri.. tapi ngambil dari market lain yaitu market 125 – 180cc…???
Last,.. bagi ATPM silahkan ditimbang-timbang… !!! Jika fitur specnya sudah oke… maka harga perlu di re-pricing kembali… agar value nya meningkat…!!! So bagi konsumen gimana… ??? Yah terserah konsumen …. betul …???

1 comments:

Anonymous said...

bajaj pulsar oke bgt.suara mesinya halus ga ada getaran saat raiding dijalan.dgn desain fitur yg sport dan teknologi yg cangih kompetitor lewat deh...harga jg ga mahal mahal amat tuh..utk ATPM spare part tolong disediakan agar jgn sampe indent.khususnya di cirebon.BRAVO PULSARIAN...

Post a Comment

 

Blognya Nton™ Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template